Beranda Headline Wihaji Minta Bulog – Warga Beli Gabah Langsung dari Petani

Wihaji Minta Bulog – Warga Beli Gabah Langsung dari Petani

207
0

BATANG, seputarkendal.com – Anjloknya harga gabah di tingkat petani di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, hingga kini belum ada perhatian khusus dalam mengurangi beban penderitaan khususnya untuk persiapan musim tanam. Bupati Wihaji meminta pihak-pihak terkait dalam hal ini Bulog dan warga untuk melakukan gerakan beli gabah langsung dari petani, supaya harganya tidak terlalu terpuruk, Kamis (01/04).

Panen raya yang tengah berlangsung di berbagai daerah ditanah air termasuk di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, saat ini tidak bisa dinikmati dengan baik oleh para petani. Pasalnya, harga gabah kering panen anjlok dan tidak laku dijual, karena cuaca dan serangan hama yang membuat kualitas bulir padi menjadi rusak.

Sebagian masih ada yang laku dijual ke para penebas atau tengkulak namun dengan risiko harga murah tak sebanding dengan biaya produksi. Adapula yang tak laku dijual alhasil dari pada dibuang, oleh pemilik lahan atau petani terpaksa dipanen sendiri bersama keluarganya.

Melihat adanya kejadian tersebut, orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Batang, Wihaji tidak mau tinggal diam dan meminta supaya pihak-pihak terkait untuk bisa belanja gabah dari petani langsung. Tujuannya supaya gabah tersebut bisa terserap dengan harga yang masih bisa menguntungkan para petani.

“Guna meringankan beban petani padi pada musim panen tahun ini akan menggalakkan beli gabah dari petani, dan terkait permasalah hama yang menyebabkan kualitas bulir padi jelek pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pertanian,” kata Bupati.

Akibat kejadian ini, dirinya juga merasakan suasana kebatinan terhadap penderitaan para petani padi dikarenakan panennya tidak sesuai harapan.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here