Beranda Headline Antisipasi Keracunan, Viral Video Perangkat Desa Gerlang Bongkar Bansos Tongkol

Antisipasi Keracunan, Viral Video Perangkat Desa Gerlang Bongkar Bansos Tongkol

382
0

BATANG, seputarkendal.com – Menindaklanjuti adanya keracunan massal yang dialami warga di Desa – desa usai menyantap ikan tongkol bantuan dari pemerintah. Sejumlah orang yang mengatasnamakan perangkat Desa Gerlang Kecamatan Blado Kabupaten Batang membongkar karung yang berisi bantuan ikan tongkol dari program BPNT dan PKH Dinsos setempat yang kualitasnya sudah rawan membusuk Jumat (19/06).

Video yang berdurasi 2 menit lebih 25 detik tersebut menunjukkan ada seorang perangkat Desa Gerlang dibantu rekannya yang merekam aktivitas tersebut. Perangkat desa tersebut yang diketahui bernama Widodo, Kepala Dukuh Sidongkal, Desa Gerlang. Dia membongkar sejumlah karung yang berisikan bantuan ikan tongkol pada Kamis malam (18/06) sekitar pukul 19:30 WIB. Pemeriksaan isi karung tersebut menunjukkan ada beberapa karung yang isinya ikan tongkol basah seperti yang diterima warga desa yang sebagian sudah dikonsumsi dan ada yang sampai mengalami mual-mual.

Sebagaimana dalam video tersebut, dari hasil pemeriksaan isi karung tersebut diketahui terdapat ikan tongkol basah yang kondisinya sangat memprihatinkan yakni sudah rawan membusuk karena dalam keadaan basah.
“Pemeriksaan bantuan tersebut juga mengantisipasi sebagai tindak lanjut adanya kejadian keracunan masal usai makan ikan tongkol ditempat lain,” kata Widodo.

Perekam video yang viral di sosial media saat dihubungi via Whats App membantah kalau yang posting video tersebut merupakan dirinya, melainkan orang lain yang tidak dikenalnya.
“Memang sempat saya share tapi hanya ke grup perangkat desa saja, tidak tahu kala laman medsos tersebut si penguploud bernama Masykur Kholik, berbeda dengan nama saya Gufron,” jelasnya.

ikan tongkol dalam keadaan basah

Video tersebut memang benar apa adanya. Dia merekam bersama perangkat yang lain saat kroscek langsung bantuan sosial program BPNT dan PKH dari Dinas Sosial berupa ikan tongkol. Pembongkaran karung berisi bantuan untuk memastikan kualitas bantuan ikan tongkol tersebut seperti apa, mengingat desa tetangga mengalami keracunan. “Keberanian membuka bantuan yang masih didalam karung tersebut juga atas dasar perintah dari angggota Polsek setempat,” ungkap Gufron.

Desa Gerlang mendapat bantuan BPNT dan PKH sebanyak 7 karung ikan tongkol, mulai ikan tongkol dan 2 karung lagi jenis bantuan lainnya. Belum lengkapnya bantuan yakni belum datangnya bantuan berupa beras Alhamdulillah bantuan ikan tersebut belum disalurkan ke para penerima.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here