Beranda Headline Tekan Golput Pilkades Serentak Cakades Beri Doorprize Umroh

Tekan Golput Pilkades Serentak Cakades Beri Doorprize Umroh

10
0

KAJEN, seputarkendal.com – Banyak cara dilakukan para calon kepala desa (cakades) untuk menekan angka golput dan meraih simpati warganya dalam pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, yang berlangsung. Seperti di Desa Rembun, Kecamatan Siwalan, salah seorang calon kepala desa memberikan hadiah mobil, tiga tiket umroh dan lima sepeda motor untuk para pemilihnya, Rabu (13/11).

Inilah Nur Hayyi, calon kepala Desa Rembun nomor urut tiga, Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan saat jeda pencoblosan di Balai Desa. Ia dikawal ratusan pendukungnya dengan menggunakan sepeda motor.

Hayyi menyiapkan doorprize berupa satu buah mobil, lima sepeda motor, dan tiga tiket umroh demi meningkatkan partisipasi warga dalam menekan angka golput juga menarik simpati 4.500 warga agar memilihnya. Sementara cakades nomor satu yakni karena, mengeluarkan door prize 9 unit sepeda motor baru, calon nomor dua yakni subeki dengan door prize 4 unit motor.

Nur Hayyi menyebutkan bahwa hadiah yang disiapkan berasal dari biaya sendiri, door prize tersebut akan dibagikan dengan cara diundi. Setiap warga akan mendapatkan kupon dan mengundi kuponnya nanti setelah Nur Hayyi benar-benar dinyatakan menang.
“Namun bila tidak terpilih menjadi kades,door prize tidak jadi dibagikan ke warga,ā€¯ungkap.

Pilkades serentak

 

Salah seorang warga mengaku senang dengan adanya doorprize ini. Bahkan dengan adanya hadiah bisa menambah suara dan orang yang pergi menggunakan hak pilihnya. Pemilihan Kepala Desa di Desa Rembun sendiri terdapat 3 calon yang mengikuti pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Di Kabupaten Pekalongan tercatat ada 206 desa yang menggelar pilkades serentak. Dari 206 desa tersebut 194 desa masuk dalam wilayah hukum Polres Pekalongan dan 12 desa masuk wilayah hukum polres pekalongan kota.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here