Beranda Headline Tanpa Kiai, Tugas Polisi Kian Berat

Tanpa Kiai, Tugas Polisi Kian Berat

417
0
Kapolres menerima.para kiai

KENDAL, Seputarkendal.com – Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita menilai peran kiai sangat besar dalam membantu tugas-tugas polisi. Tanpa bantuan para kiai, tugas polisi makin berat karena jumlah polisi tidak sebanding dengan jumlah masyarakat.
“Seperti di Kendal saja jumlah personel kita hanya 800 an sedangkan jumlah warga yang harus dilayani mencapai ribuan,” ujar kapolres disela-sela menerima kunjungan kiai NU se-Kecamatan Rowosari di Mapolres tadi siang (12/10). Rombongan para kiai dipimpin Rois Syuriyah KH Ahmad Said didampingi Camat Rowosari Sugeng Riyadi dan Kapolsek AKP Sukarsa.
Menurut Hamka salah satu kunci keberhasilan dirinya memimpin institusi Polri karena dekat dengan para kiai. Dia menyadari peran kiai sangat besar karena mereka yang menguasai masyarakat seperti pengajian di masjid, musala dan majelis taklim. Karena itu ketika kali pertama datang di Kendal, kapolres memilih mendekati kalangan kiai termasuk salat Jumat keliling.
“Selama menjabat kapolres saya jumatan keliling nggak pernah salat jumat di Polres,” ujar lelaki asal Sulawesi ini.
Lebih lanjut kapolres mengaku selalu terbuka menerima masukan dari para kiai demi perbaikan kinerja. Pihaknya juga terbantu dengan peran kiai sehingga tingkat kriminalitas di Kendal masih di bawah rata-rata nasional. Bahkan pihaknya belum menemukan kasus kriminalitas yang tergolong besar dan rumit.
Agar kinerjanya makin ringan dia punya rencana bertemu dengan para kiai kampung dalam waktu dekat. Pertemuan itu sebagai sarana menjalin tali silaturahmi dan menerima masukan dari para kiai.
Sementara itu KH Ahmad Said mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan kapolres. Momen pertemuan itu selama ini jarang terjadi. Karena itu pihaknya mengundang kapolres untuk hadir dalam pengajian rutin yang digelar tiap Minggu pagi di gedung MWCNU. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here