Beranda Headline Siap Pasok Telur Lapas se-Jateng

Siap Pasok Telur Lapas se-Jateng

375
0
PASOK TELUR - Kadiv Pemasyarakatan Kanwilkumham Jateng Marasudin Siregar saat peresmian kandang ayam petelur di Lapas Terbuka Kelas II B di Bleder, Patebon, Kendal tadi siang.

KENDAL, seputarkendal.com – Lapas Terbuka Kelas II B Kendal siap memasok telur untuk Lapas se-Jateng. Untuk memenuhi pasokan tersebut, Lapas II B yang terletak di Bleder, Patebon ini akan memelihara 10 ribu ekor ayam petelur.

“Sekarang baru 460 ekor ditambah hari ini 2 ribu ekor. Tahun ini kita menargetkan memelihara 10 ribu ekor,” ujar Kepala Lapas Terbuka Kelas II B Kendal Rusdedi disela-sela peresmian kandang ayam petelur pembinaan kemandirian Lapas produktif Kendal, tadi siang.

Menurut Rusdedi dengan jumlah ayam sebanyak itu untuk sementara baru bisa memasok kebutuhan warga sekitar lapas, juga untuk Lapas Klas II A Kendal, Lapas Pemuda Plantungan, Lapas Wanita Semarang dan Lapas Klas I Semarang.

Dikatakan dengan jumlah ayam sebanyak 10 ribu ekor diyakini mampu memenuhi kebutuhan Napi se-Jateng yang mencapai 12 ribu orang. Meski lokasi peternakan berada di daerah panas, perkembangan ayam petelur cukup bagus.

“Ya karena udaranya masih bagus dan jauh dari permukiman warga sekitar,” ujar Rusdedi.

Selain memelihara ayam petelur pihaknya juga memelihara kambing etawa, sapi dan tanaman pertanian serta perkebunan.

Sementara itu Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Hukum dan HAM Jateng Marasudin Siregar mengapresiasi Lapas Terbuka Kelas II B Kendal yang sudah memelihara ayam petelur. Meski saat ini warga binaan minim karena pandemi Covid-19, petugas memiliki waktu untuk mengembangkan teknik memelihara ayam petelur.

“Setelah pandemi Covid 19 selesai, ilmunya bisa ditularkan kepada warga binaan untuk memelihara ayam petur,” ujar Marasudin Siregar saat peresmian kandang ayam petelur di Lapas Terbuka Kelas II B tadi siang.

Menurut Marasudin pemberian bekal kepada warga binaan bertujuan agar setelah bebas para napi bisa usaha mandiri. Sebab selama di lapas terbuka mereka sudah punya bekal memelihara ayam atau bercocok tanam.

Dia berharap hasil produksi telur Lapas Terbuka Kelas II B Kendal mampu memasok kebutuhan telur seluruh Lapas se-Jateng. Saat ini memang baru mampumemasok telur untuk Lapas se eks Karesidenan Semarang. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here