Beranda Headline Serunya Offroad Telusuri Hutan Jati Alas Roban Yang Ekstrim

Serunya Offroad Telusuri Hutan Jati Alas Roban Yang Ekstrim

449
0

BATANG, seputarkendal.com – Hutan jati Alas Roban di Jalur Pantura Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang dikenal dengan keangkerannya ternyata menyimpan sejuta keindahan panorama alam perbukitan yang masih natural. Ditengah lebatnya pepohonan hutan lindung, banyak track ekstrim bisa dinikmati para offroader dalam menjajal adrenalin, Sabtu (18/12)

Untuk bisa mencapai puncak perbukitan hutan jati Alas Roban, para offroader memulainya dari titik keberangkatan yang berada di resto ikan bakar kucingan Tarub Subah, dengan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Batang Suyono. Setelah melintasi jalan utama menuju Pantai Kuripan, baru masuk ke hutan Alas Roban yang masuk dalam cagar alam Peson.

Menit pertama memasuki hutan jati, para peserta offroad masih melintasi jalan mulus hanya terdapat tumbuh-tumbuhan ilalang dan ranting pohon sebagai hambatan. Selang beberapa menit, baru melintasi track curam pertama yang berlumpur dan terdapat bebatuan wadas berukuran cukup besar, tidak sedikit banyak jeep yang susah melintasinya.

Melanjutkan perjalanan pada rute kedua, para offroader cukup kesulitan meskipun medan jalan berupa turunan, namun kondisi jalan cukup ekstrim. Dibagian tengah terdapat lubang yang mengakibatkan keseimbangan kemudi dalam menempatkan roda, kerap slip dan tergelincir, bahkan salah satu jeep peserta mengalami patah as, karena susahnya keluar dari track tersebut, tidak sedikit akhirnya kendaraannya terpaksa ditarik oleh jeep yang lainnya.

Pada etape selanjutnya, salah satu jeep milik peserta bernama Sukris tergelincir karena tak bisa menaklukkan track tanjakan ekstrim diperparah kondisi jalan yang basah usai diguyur hujan, mengakibatkan kendaraannya terbalik. Medan jalan pada rute ketiga tersebut merupakan tanjakan curam, atau terberat sehingga menyebabkan sebagian besar kendaraan ada yang harus ditarik paksa, dan adapula harus berulangkali mengulangi dari bawah supaya bisa naik ke atas.

Jeep milik Sukris Peserta Offroad Track Cagar Alam Peson
Jeep milik Sukris Peserta Offroad Track Cagar Alam Peson

“Akibat jalan licin dan tanjakan mengharuskan para offroader harus mempunyai skil khusus dalam mengendalikan kendaraannya, supaya bisa menaklukkan track hutan jati Alas Roban cagar alam Pesong Subah,”ungkap Sukris.

Setelah dilakukan evakuasi jeep, para offroader yang tergabung dari 2 komunitas dari tuan rumah Subah Batang dan Kabupaten Pekalongan, para peserta melanjutkan perjuangan dalam melintasi track tersulit di rute terakhir sebelum mencapai salah satu puncak di perbukitan hutan jati Alas Roban Kabupaten Batang, sepanjang 5 kilo meter. Setelah melakukan usaha mengendalikan kemudi kendaraan, satu persatu berhasil melintasi tanjakan dengan hasil usaha kerasnya dalam menghadapi track basah dan licin.

Ketua panitia Roban Jeep Community Subah Kabupaten Batang, Nur Faizin mengatakan kegiatan menelusuri alam hutan jati Alas Roban dengan offroad bareng dua komunitas, yang melibatkan Forkompincam Subah tersebut merupakan bagian dari mengenalkan ke dunia luar kalau terdapat track menantang bagi para pecinta offroad, setidaknya ke depan bisa menjadi destinasi wisata yang harus dikembangkan.

Dalam menikmati serunya melintasi hutan dengan track ekstrim, para offroader mania juga bisa sambil wisata alam di hutan lindung yang masih asri, bisa sambil melihat hewan langka yang dilindungi, seperti kera, lutung, harimau, ular, dan tumbuhan langka, serta terdapat wisata petik madu liar di perkebunan, sebelum sampai ke finish.

Sampai di salah satu puncak dari perbukitan yang ada di Alas Roban, bisa menikmati keindahan alam lepas dengan view di bagian selatan lebatnya hutan jati karet dan pegunungan, serta di bagian barat terdapat mercusuar aktivitas PLTU terbesar se- Asia Tenggara yakni PLTU Ujungnegoro. Kemudian di sisi utara terdapat jalan tol Trans Jawa beserta rest area KM 360 dan pantai utara Jawa.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here