Beranda Ekonomi Sedot Air Sungai, Alirkan ke Sawah Petani

Sedot Air Sungai, Alirkan ke Sawah Petani

101
0
SEDOT - Pemdes Sendangsikucing menyedot air dari Kali Kendedes disalurkan ke sawah petani

KENDAL, seputarkendal.com – Cara cerdas dilakukan Pemdes Sendangsikucing, Kecamatan Rowosari. Untuk mengairi lahan sawah milik petani, pemdes menyedot air dari Kali Kendedes. Air disedot dan dialirkan menggunakan paralon sepanjang 1,3 km. Puluhan hektare sawah di Blok Sawen sangat terbantu dengan adanya sedotan air tersebut.

Mantan Kades Sendangsikucing Harsoyo Budi Utomo mengaku selama ini lahan sawah pertanian di Blok Sawen sering kekurangan air terutama pada musim kemarau. Pasokan air dari Kali Bulanan dan bantuan dari Kali Kentrung.

“Dengan adanya penyedotan air dari Kali Kendedes sangat membantu petani,” ujar Harsoyo.

Diakui karena letaknya berada paling utara lahan sawah di wilayahnya sering kekurangan air. Lahan sawah yang berada di wilayahnya milik petani dari beberapa desa sekitar seperti Desa Bulak, Kebonsari, Sendangdawuhan dan Sendangkulon. Meski belum bisa mencukupi kebutuhan air 100 persen penyedotan air dari Kali Kendedes sangat membantu para petani.

Salah satu petani Suudi, warga Desa Bulak mengaku sangat terbantu dengan adanya penyedotan air dari Kali Kendedes terutama saat musim kemarau. Selama ini petani sangat kesulitan air saat musim kemarau tiba. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here