Beranda Ekonomi Rp44 Miliar Dikucurkan Untuk Pembangunan Jalan Kabupaten Batang

Rp44 Miliar Dikucurkan Untuk Pembangunan Jalan Kabupaten Batang

391
0

BATANG, seputarkendal.com – Banyaknya kerusakan jalan khususnya jalan tingkat Kabupaten yang saat ini menjadi buah bibir masyarakat menjadikan pekerjaan serius oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemerintah Daerah Kabupaten Batang. Puluhan miliar rupiah tahun 2021 dikucurkan guna membangun dan memperbaiki infrastruktur khususnya akses jalan antarkecamatan mulai dikerjakan, Senin (14/06).

Pembangunan jalan obyek vital sebagai kebutuhan masyarakat dalam menggerakan roda perekonomian, khususnya dalam mendukung program pasangan Bupati Batang Wihaji dan Suyono, dengan tagline Heaven of Asia 2022, terus dilakukan. Dalam pengerjaan perbaikan maupun rekonstruksi baru, bahan yang digunakan saat ini mayoritas didominasi rigit atau beton yang lebih kuat dibanding aspal.

Seperti yang tengah berlangsung di jalan Perintis Kemerdekaan, jalan yang menghubungkan antar Kecamatan dan Kabupaten khususnya menuju ke kota Kabupaten tersebut, saat ini diperbaiki dengan cara di beton. Jalan yang sering kebanjiran jika terjadi hujan tersebut, mendapatkan kucuran anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 6.123.450.000 yang dilaksanakan selama 120 hari oleh penyedia jasa PT Saka Pilar Utama Pemalang, dengan deadline sebelum September harus selesai.

Sementara itu Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUTR Endro Suryono mengatakan, terdapat 3 paket pekerjaan jalan yang menjadi skala prioritas lantaran merupakan obyek vital dengan nilai lebih dari lima milyar rupiah, yakni ruas Tulis-Batiombo dengan pagu anggaran Rp10 miliar, dengan volume pekerjaan panjang 4,3 kilo meter dan lebar jalan 5,5 meter. Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan sekitar Rp 6,7 miliar dengan volume ketinggian atau ketebalan aspal 30 centi meter, panjang jalan 1,8 kilometer dengan lebar bervariasi antara 6 – 8 meter, dan ruas Kaliboyo-Pecalungan Rp7 miliar menggunakan aspal hotmix dengan volume lebar jalan 4 – 5 meter dan panjang jalan 3,4 kilometer.

“Untuk perbaikan hingga pembangunan jalan baru tersebut anggarannya bersumber dari DAK, APBD dan Bankeu Pemerintah Pusat, Rp44 miliar,”jelasnya.

Memang belum bisa mencover seluruh kerusakan jalan yang ada di Pemerintah Kabupaten Batang, setidaknya kedepan sudah banyak akses jalan yang kondisinya sudah mulus dan bisa mendukung program bupati serta bermanfaat terhadap perekomian warga. Dari ketiga proyek besar untuk perbaikan jalan sebanyak Rp 23,7 miliar, sisanya untuk perbaikan maupun perawatan jalan dan jembatan di pedesaan dan infrastruktur lainya.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here