Beranda Headline Ratusan Kilo Meter Jalan Kabupaten Batang Rusak

Ratusan Kilo Meter Jalan Kabupaten Batang Rusak

275
0

BATANG, seputarkendal.com – Ratusan kilo meter jalan tingkat kabupaten yang menjadi akses antar desa dan kecamatan saat ini kondisinya memprihatinkan lantaran rusak Kamis (03/06). Dari kerusakan yang ada, membutuhkan anggaran tidak sedikit yakni lebih dari Rp 100 miliar supaya bisa mendukung dari pogram Bupati dan Wakilnya dengan mengusung Taglen Heaven of Asia tahun 2022 mendatang.

Seperti inillah salah satu contoh kerusakan jalan utama tingkat kabupaten yang terdapat di Desa Lebo, Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kondisi jalan rusak parah, mulai dari amblesnya jalan, terkelupas aspalnya, dan berlubang yang cukup dalam karena termakan usia maupun faktor alam seperti tergerus air hujan yang tidak masuk ke dalam drainase.

Kerusakan jalan tersebut hanyalah contoh kecil di salah satu desa yang terletak di kecamatan paling ujung timur di Kabupaten Batang, yang tak kunjung diperbaiki. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang setempat, Endro Suryono dari luas Kabupaten Batang, ruas jalan tingkat kabupaten sendiri sepanjang 552 kilometer, dengan rusak ringan dan berat 142 kilo meter menyebar di pedesaan dari 15 Kecamatan. Sementara itu kondisi mantap jalan saat ini 72,21 persen sekitar 410 kilo meter kondisinya masih layak.

“Kerusakan jalan di desa-desa saat ini, idealnya untuk perbaikan membutuhkan anggaran mencapai Rp170 miliar, namun demikian hal tersebut masih menunggu hasil musyawarah dengan stakeholder terkait,”ujarnya.

Tidak maksimalnya dalam mengatasi jalan kabupaten, khususnya akses-akses menuju objek wisata tersebar tersebut, bisa mengancam kelancaran program dari kepala daerah yang saat ini menjabat untuk menjadikan Kabupaten Batang menjadi Kota wisata dan industri.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here