Beranda Headline PUPR Siap Perbaiki Kerusakan Irigasi

PUPR Siap Perbaiki Kerusakan Irigasi

307
0

KENDAL, seputarkendal.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUR) siap memperbaiki kerusakan jaringan irigasi. Tahun depan dana sebesar Rp80 miliar siap digelontorkan untuk memperbaiki jaringan irigasi yang mengalami kerusakan.
“Tak hanya jalan saja yang mendapat perhatian jaringan irigasi juga diperhatikan,” ujar Kepala DPUPR Kendal H Sugiono kepada seputarkendal di kantornya tadi pagi (18/10).
Sugiono mengaku jaringan irigasi memegang peran penting dalam penyediaan air untuk mengairi sawah. Tahun ini pihaknya melaksanakan rehab jaringan irigasi senilai Rp50 miliar. Sebagian besar dana itu untuk perbaikan saluran Bodri.
Lebih lanjut Sugiono minta masukan dari masyarakat terkait kerusakan jaringan irigasi. Masyarakat bisa mengusulkan ke instansi yang dipimpinnya jika menemukan jaringan irigasi rusak. Pihaknya siap menyurvey lokasi atas laporan masyarakat itu.
“Dari hasil survey itu nanti bisa diketahui tingkat kerusakan dan biaya yang dibutuhkan,” ujar Sugiono.
Sementara itu para petani di Desa Bulak, Gebanganom dan Sendangsikucing, Kecamatan Rowosari minta pengerukan sungai yang melintas dari Bulak hingga Rumah Makan Ken Dedes, Sendangsikucing. Pasalnya sungai itu mengalami sedimentasi yang tinggi.
“Sungai ini terakhir dikeruk 7 tahun silam
Jadi perlu dikeruk lagi agar air tidak meluap saat musim hujan,” ujar Asri, 61, petani asal Desa Bulak, Kecamatan Rowosari. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here