Beranda Headline Prihatin KBM Daring, Pemdes Kebonrowopucang Gratiskan Intenet

Prihatin KBM Daring, Pemdes Kebonrowopucang Gratiskan Intenet

58
0

KAJEN, seputarkendal.com – Prihatin terhadap KBM daring, sebuah desa di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menerapkan kebijakan saling berbagi jaringan internet atau wifi gratis bagi pelajar setempat. Kebijakan saling berbagi wifi tersebut merupakan hasil kesepakatan setelah pihak desa banyak menerima keluhan dari warga yang mengaku mulai kuwalahan membeli kuota untuk keperluan belajar secara daring.

Pemerintah Desa Kebonrowopucang, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, menerapkan kebijakan saling berbagi wifi bagi pelajar yang kesulitan mengakses internet. Selain tempat publik seperti kantor desa, dan stadion mini milik desa, warga yang berlangganan internet pun dilibatkan untuk membagikan password untuk para pelajar. Hal tersebut dilakukan agar persoalan yang dihadapi pelajar dalam menggerjakan tugas sekolah secara daring bisa teratasi.

Salah seorang warga yang kedapatan menunggui anaknya belajar dengan menumpang di rumah warga yang berlangganan internet mengaku senang dan terbantu, karena mampu mengurangi belanja kuota internet untuk anaknya.

Tidak hanya di rumah, fasilitas umum seperti stadion dan kantor kelurahan juga menjadi sasaran para murid sebagai lokasi belajar daring.
“Siswa merasa terbantu dengan adanya akses internet gratis dari pihak desa,” kata Nur Ismiawati.

Menurut Kepala Desa Kebonrowopucang, Selamet Nurudin, jumlah warga yang berlangganan internet di desanya sekitar 20 kepala keluarga.
“Dengan adanya ajakan bersedekah kuota melalui wifi gratis dari pihak desa, sudah ada tiga warga yang langsung bersedia berbagi jaringan internet secara gratis,” ungkap Selamet Nurudin.

“Meski wifi gratis sekarang sudah bisa diakses, namun protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak tetap diberlakukan untuk memghindari kerumunan saat belajar bersama,” jelasnya.

Dengan adanya gerakan bersedekah atau berbagi internet gratis membuat para murid bisa belajar dengan tenang, lancar dan tidak kesulitan lagi mengakses internet. Harapannya warga yang berlangganan internet lainnya menyusul dan semakin banyak yang ikut berbagi internet gratis agar Desa Kebonrowopucang terbebas persoalan akses internet seperti sebelumnya.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here