Beranda Ekonomi Potensi Kebakaran Meningkat, 3 Daerah Teken MoU

Potensi Kebakaran Meningkat, 3 Daerah Teken MoU

19
0

 

 

KOTA PEKALONGAN, seputarkendal.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tiga daerah yang ada di kawasan Pekalongan Raya yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang meneken MoU kerjasama pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Penandatangan kerjasama yang disaksikan Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso, Kepala Satpol PP Kabupaten Batang, Soegihanto Djoko Purnomo, dan perwakilan Kepala Satpol PP Kabupaten Pekalongan. Penandatangan dilakukan Selasa (15/10/2019) di Ruang Kalijaga Setda Pekalongan.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz mengacungi jempol atas upaya Satpol PP Kota Pekalongan menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pertama yang menindaklanjuti kerjasama global atau antar Pemerintah Daerah pada Maret lalu. “Terjalin hubungan yang bai kantar kesatuan seperti pemadam kebakaran nantinya mudah-mudahan dapat mempermudah penanganan dan penanggulangan kebakaran. Mudah-mudahan tiga daerah di Pekalongan Raya ini saling membantu,” tutur Saelany.

Disampaikan Saelany bahwa kerja sama antar daerah ini dilakukan untuk mengimplementasikan UU No 23 tahun 2018 tentang Kerja Sama Antar Daerah. Sebelumnya penandatanganan MoU oleh Walikota Saelany, Bupati Asip Kholbihi, dan Bupati Batang yang diwakili Sekretariat Daerah Kabupaten Batang menjadi awal mulainya hubungan kerja sama. Saelany berharap bahwa usai kerja sama antar Pemadam Kebakaran ini dapat diikuti oleh OPD lainnya. “Kerja sama antar damkar ini memang dibutuhkan mengingat kejadian kebakaran yang pernah terjadi di Kota Pekalongan sebelumnya, ini sebagai bentuk jalinan komunikasi untuk memudahkan koordinasi dalam pencegahan kebakaran. Selanjutnya, misal terkait dengan masalah limbah, perlu juga untuk didiskusikan, membangun kerjasama untuk mengatasi limbah,” terang Saelany.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso menyampaikan bahwa selama ini kekompakan dan soliditas anggota damkar harus diteladani, berbagai bidang di Satpol PP di tiga daerah ini juga bisa saling bekerja sama. “Kekompakan damkar antar daerah harapannya tak hanya saat kejadian tetapi juga terjalin di kegiatan lain seperti dengan latihan dan diskusi bersama,” ujar SBS.

SBS bahkan mendorong agar Damkar Kota Pekalongan dapat mandiri, bisa menjadi OPD seperti di Kota Peklaongan dan Kota Surakarta agar layanan yang diberikan dapat lebih maksimal.

Kepala Satpol PP Kabupaten Batang, Soegihanto Djoko Purnomo menyetujui usul SBS untuk menggelar kegiatan bersama. Ia berharap dapat memaksimalkan kapasitas anggota damkar. “Selama ini kerja sama sinergis sudah terjalin walaupun belum ada kesepakatan. Fakta di lapangan jiwa korsa anggota damkar antar daerah sangat tinggi. Semoga tetap terjalin untuk ke depannya,” tukas Totok sapaan akrabnya.(auj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here