Beranda Headline Petani Padi Gringsing Resah, 3 Unit Traktor Pembajak Sawah Raib

Petani Padi Gringsing Resah, 3 Unit Traktor Pembajak Sawah Raib

434
0

BATANG, seputarkendal.com – 3 unit traktor yang biasa digunakan untuk membajak sawah milik warga Desa Yosorejo, Kecamatan Gringsing raib digondol oleh kawanan pencuri spesialis alat pertanian. Mesti tidak sampai menelan korban jiwa, namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah, dan akibat kejadian tersebut, para petani di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, Jawa Tengah, resah Senin (09/11).

Ditengah terpuruknya harga jual padi dan tingginya biaya produksi kini para pejuang makanan pokok masyarakat Indonesia harus menanggung derita. Pasalnya 3 unit alat pertanian jenis traktor untuk membajak lahan pertanian tersebut hilang dicuri orang tidak dikenal Minggu (08/11), padahal hari-hari biasanya aman-aman saja meski ditinggal di tengah sawah maupun di pinggiran jalan.

Musim tanam yang saat ini tengah berlangsung, kegunaan alat pembajak sawah tersebut sangat vital lantaran sudah tidak ada alat manual seperti jaman dahulu mengandalkan hewan sapi maupun kerbau sebagai kendaraan untuk membajak tanah. Para petugas Kepolisian dari Sektor Gringsing Resor Batang, terkendala masalah identitas mesin traktor yang sudah tidak lagi memiliki surat-surat kepemilikan resmi.

“Kejadian tersebut sangat memukul dunia pertanian dan membuat resah, pasalnya baru pertama ini kejadian hilangnya traktor dicuri orang yang diperkirakan lebih dari 1 orang tersebut, berlangsung jam 3 pagi,” kata Suwandi.

Pemilik traktor yang menjadi korban pencurian yakni, Suwandi, Sakiman dan Sugiyo, mesin pembajak sawah tersebut milik tiga orang. Harga dari traktor tersebut masing-masing senilai Rp27 juta.

Salah satu korban Sukiman mengaku baru mengetahui traktor miliknya hilang saat akan memulai pekerjaan membajak sawah kaget dan sempat bingung lupa menaruh atau memang hilang, dan ternyata tidak
hanya 1 unit saja, di lokasi yang berbeda 2 unit traktor juga mengalami nasib yang sama hilang.

“Kemudian salah satu dari korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwajib yakni Polsek Gringsing,” terang Sukiman.

Sementara itu dari petugas kepolisian belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut dan saat ini masih dalam penyelidikan Satreskrim Polres Batang.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here