Beranda Headline Penyaluran BST, Petugas POS Gringsing ber APD Lengkap

Penyaluran BST, Petugas POS Gringsing ber APD Lengkap

290
0

BATANG, seputarkendal.com – Putus rantai sebaran Covid-19 yang masih mewabah hingga kini, proses penyaluran bantuan sosial tunai (BST) terapkan protokol kesehatan ketat. Selain para warga harus melewati skrining, petugas POS yang menyerahkan bantuan uang tersebut juga ber APD lengkap dengan baju hazmat dan safety lainnya, Senin (02/08).

Sebelum mulai melayani penaluran bantuan sosial bagi warga terdampak pandemi Covid-19, para petugas dari Kantor POS Gringsing Kabupaten Batang, jawa tengah, mempersiapkan dirinya dengan alat pelindung diri, memakai baju hazmat, faceshield, sarung tangan medis, dan kelengkapan standar prokes lainya. Meski saat ini tengah menunjukkan tren penurunan kasus warga yang terpapar virus corona, namun demi keamanan bersama, petugas menerapkan standar prokes ketat, terhadap warga yang berkepentingan dalam pengambilan bantuan sosial tunai.

Proses penyerahan BST dengan jumlah lebih dari 1000 orang perharinya yang terdiri dari 5 desa terbagi beberapa tahap tersebut berlangsung di aula Kantor Kecamatan Gringsing, dengan pengawalan ketat dari perangkat desa, hingga aparat penegak hukum yakni TNI dan Polri dan petugas kantor kecamatan setempat.

Adanya pengamanan ketat dan petugas yang menyalurkan uang bantuan sosial dengan memakai alat pelindung diri lengkat tersebut, para warga tidak risih ataupun takut, justru merasa senang dan nyaman, karena terlindungi dari penularan virus corona.

“Warga penerima BST lebih terjamin keamanannya, baik dari tertularnya virus dan tidak lagi berjubel antre dalam kerumunan,” kata Zaenal dan Anis Ekawati.

Sementara itu Camat Gringsing, Wawan Nurdiansyah mengatakan, saat ini memberlakukan pengawalan pada proses proses penyerahan bantuan sosial tunai dengan mengerahkan petugas keamanan dari anggota Polsek dan Koramil setempat. Hal tersebut dilakukan supaya dalam proses tersebut tidak lagi adanya antrean yang berjubel dan menimbulkan kerumunan di tengah masih berlangsungnya oandemi Covid-19.

“Meski saat ini tengah terjadi tren penurunan kasus warga yang terinfeksi virus Corona, namun kami tidak mau kecolongan atau lengah dalam pelaksanaan kegiatan mengundang orang banyak dalam hal ini penyaluran BST harus tetap menerapkan prokes ketat, tidak lain supaya bisa memutus rantai sebaran Covid-19,” jelasnya.

Khusus di Kecamatan Gringsing yang sebelumnya sempat menjadi zona merah, berkat intensitas kinerja petugas dalam mengawasi warganya yang positif dan menjalani isolasi dengan baik. Saat ini terus mengalami tren penurunan kasus warga terpapar maupun kematian akibat terinfeksi virus corona.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here