Beranda Headline Pandemi Covid-19 Sejumlah Desa Wujudkan Ketahanan Pangan

Pandemi Covid-19 Sejumlah Desa Wujudkan Ketahanan Pangan

244
0

KENDAL, seputarkendal.com – Tingkatkan kewaspadaan terhadap warga sekitar khususnya para tetangga, selama Pandemi Novel Coronavirus Desease19 sejumlah desa menyatakan kesiapannya menjadi Kampung Tangguh ketahanan pangan. Keberadaan Kampung Tangguh Nusantara di Kabupaten Kendal dimulai dari Kecamatan Weleri yaitu berada di Desa Tratemulyo. Peresmiannya dilakukan oleh Bupati Kendal, Mirna Annisa, Rabu (17/06). Tujuannya untuk kemandirian warga desa dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Jiwa gotong royong di desa ini sangat baik dan wajib menjadi percontohan bagi desa lainnya,” kata Bupati Mirna Annisa. Selain meresmikan Bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak Covid yang sebelumnya telah dilakukan pendataan.
Mirna mengungkapkan, dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara menunjukkan bahwa desa ini telah mandiri dan mampu menjaga warganya dan tercipta koordinasi yang baik Tim Gugus Desa dengan TNI dan Polri.
“Sehingga tercipta kondisi yang aman bahkan warga kecamatan ini tak ada yang terjangkit Covid-19 sampai saat ini,” ungkapnya.
Sementara itu, Camat Weleri Nur Kholis, mengatakan, sebagian besar desa di Kecamatan Weleri telah menerapkan program jogo tonggo dan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 telah berjalan baik.
“Sampai kjini tidak ada warga yang positif Covid-19. Ini semua berkat kerja keras dari semua pihak baik TNI, Polri, ulama serta peran pemerintah, termasuk satgas desa yang telah berkolaborasi bersama untuk pencegahan,” katanya.
Diungkapkan, jika saat ini terdapat 16 desa yang telah menerapakan program jogo tonggo yang kemudian akan berlanjut menjadi Kampung Tangguh.
Dia menyatakan, dengan adanya status kampung tangguh, saat ini masyarakat saling bekerja sama, terutama melakukan pemantauan terhadap warga secara langsung.
“Peran dari satgas gugus sendiri telah melakukan penyuluhan kesehatan kepada warga desa termasuk kampanye protokol kesehatan telah dilakukan,” ucapnya.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here