Beranda Headline Paceklik, Nelayan Pantai Celong Berharap Bantuan Sembako dari Pemkab Batang

Paceklik, Nelayan Pantai Celong Berharap Bantuan Sembako dari Pemkab Batang

310
0

BATANG, seputarkendal.com – Musim paceklik yang tengah terjadi di sebagian besar wilayah pesisir pantai utara Jawa, menimbulkan keresahan tersendiri. Pasalnya, para nelayan Pantai Celong, Banyuputih, memilih menambatkan perahunya dan hingga saat ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya berhutang atau menggadaikan barang berharganya, hal tersebut karena belum mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat, Minggu (12/01)

Keprihatinan saat ini tengah dialami masyarakat yang mengandalkan hidupnya dari penghasilan mencari ikan di laut. Pasalnya, sejak akhir tahun 2019 sampai saat ini para neyalan di pesisir Pantai Celong, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih tak melaut seperti biasanya. Kejadian tersebut akibat gelombang tinggi yang menyebabkan para nelayan setempat lebih memilih memperbaiki perahunya. Akibatnya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya selama tidak melaut, tidak sedikit warga berhutang atau menggadaikan barang berharganya.

 

“Setidaknya di pesisir Pantai Celong ada 200 an perahu berukuran kecil yang biasa digunakan masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan untuk mencari nafkah mencari ikan di tengah laut Jawa. Ketinggian gelombang yang mencapai 3 meter tersbut menjadi alasan demi keselamatan,” ungkap Cahyono nelayan Pantai Celong.

Hal senada juga disampaikan nelayan lain Sarmani yang mengalami nasib serupa yakni tidak melaut, yang mengakibatkan kebutuhan sehari-hari dirinya terpaksa menghutang dan barang kesayangan keluarga tak luput digadaikan.

Kedua nelayan tersebut mengeluh karena perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Batang sampai sekarang belum memberikan perhatian berupa bantuan pangan, khususnya saat memasuki musim paceklik seperti saat ini.
Warga berharap pemerintah bisa segera mengirim bantuan berupa sembako, untuk meringankan beban para nelayan.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here