Beranda Ekonomi OW Pantai Sendangsikucing Terancam Abrasi

OW Pantai Sendangsikucing Terancam Abrasi

68
0
ABRASI - Sejumlah karung berisi tanah terpaksa ditumpuk untuk menahan abrasi di objek wisata pantai Sendangsikucing, Rowosari.

KENDAL, seputarkendal.com – Objek Wisata (OW) Pantai Sendangsikucing, Rowosari terancam abrasi. OW yang dikelola Pemkab ini sudah banyak yang terkikis bibir pantainya karena diterjang ombak tiap hari. Untuk mencegah abrasi bertambah parah, terpaksa bibir pantai diberi tanggul dari karung yang diisi tanah.

Abrasi yang cukup parah berada di sebelah timur. Sebab abrasi yang menerjang OW tersebut kian parah karena hhdihimpit penahan gelombang (break water) di sebelah barat dekat TPI dan break water milik OW WSI di sebelah timur.

Salah satu warga Wito mengaku posisi objek wisata yang dihimpit dua break water membuat posisi objek wisata terkena terjangan ombak tinggi tiap hari. Jika tidak diantisipasi ke depan objek wisata tersebut tinggal kenangan karena habis diterjang ombak tiap hari.

“Satu-satunya cara dengan membangun tanggul di sepanjang pantai itu agar mampu menahan ombak tinggi,” ujar Wito.

Menurut Wito sebelum terkena abrasi objek wisata tersebut dulu memiliki bibir pantai yang luas. Dia masih ingat sekitar 1970- an pernah dikunjungi Presiden Soeharto dan lokasi pantai bisa dipakai mendarat helikopter yang membawa presiden.

Diakui panjang pantai yang terkena abrasi mencapai 200 meter. Dulu lebarnya bisa mencapai 250 meteran. Namun kini yang tersisa lebarnya hanya sekitar 25 meter.

Sementara itu kondisi pantai yang kotor dikeluhkan pengunjung. Kotoran berupa plastik dikeluhkan pengunjung. Sampah plastik bertebaran di atas air laut yang terkena ombak besar. (nal)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here