Beranda Headline Mitigasi Banjir Celong, KITB Kebut Konstruksi Bendung Sungai

Mitigasi Banjir Celong, KITB Kebut Konstruksi Bendung Sungai

51
0

BATANG, seputarkendal.com – Guna mengurangsi risiko dampak banjir yang kerap menimpa pemukiman Kampung Nelayan Pantai Celong, Desa Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pembangunan bendung dikebut. Mitigasi bencana di Kawasan Industri Terpadu Batang saat ini terus dilakukan oleh manajemen Grand Batang City, Selasa (12/10).

Proses konstruksi pintu bendung sungai mata air yang bermuara di pesisir utara Pantai Celong, Desa Kedawung, Banyuputih dengan tujuan untuk mengendalikan air manakala turun hujan tidak lagi terjadi banjir. Pembangunan yang tengah berlangsung tersebut saat ini terus dikebut guna mitigasi persiapan memasuki musim penghujang yang akan datang.

Proses pembangunan bendung long storage di sisi selatan Dukuh Mangunsari Kedawung tersebut sudah hampir rampung dengan kemampuan daya tampungan air mencapai 105.000 meter kubik, dengan luas area waduk sekitar 6 sampai 7 hektare berada ditengah-tengah Kawasan Industri Terpadu Batang. Dengan adanya bendung tersebut, ke depan warga yang tinggal di perkampungan nelayan tersebut tidak risau lagi dari ancaman banjir.

Sebagaimana dikatakan oleh Direktor of Operationan dan Technic KITB, Adler Manarissan Siahaan usaha mencegah banjir dalam hal ini memitigasi risiko terus dilakukan. Selain menempatkan mesin pompa air juga mengebut proses konstruksi bendung sungai mata air yang tinggal menyisakan pemasangan pintu air dan sebagian penataan bagian bawah bendung.

“Untuk mempercepat pembangunan bendung tersebut manajemen Grand Batang City bekerja selama 3 Shift kerja selama 1 kali 24 jam penuh, supaya air dari selatan tidak lagi membanjiri warga Celong,”ungkapnya.

Adler menambahkan, demi kemajuan dan kelancaran proyek strategis nasional tersebut, peran serta masyarakat dalam menyuarakan kritik yang konstruktif sangat dinanti oleh pihak manajemen KITB. Sehingga ke depan bisa sinergi berkesinambungan terhadap masyarakat diuntungkan, pelaksanaan pembuatan lahan untuk investasi berjalan dengan baik, tentunya berimplikasi kembali lagi ke masyarakat dengan pembukaan lapangan kerja yang luas.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here