Beranda Ekonomi Menkeu RI Support Dibas Dalam Percepatan KIK – UMKM

Menkeu RI Support Dibas Dalam Percepatan KIK – UMKM

36
0
Menkeu RI Sri Mulyani ( kiri) - Bupati Kendal Dico M Ganinduto ( kanan)

KENDAL, seputarkendal.com – Dalam mendukung program dari pemerintah daerah para pejabat pusat gencar melakukan visitasi untuk melihat potensi lokal. Komisi XI DPR RI dan Menteri Keuangan Republik Indonesia melakukan kunjungan spesifik di Kabupaten Kendal, bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal.

Acara itu dihadiri oleh Ketua Komisi XI DPR RI, Dito Ganinduto, Menteri Keuangan Republik indonesia Sri Mulyani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta jajarannya, dan para direktur utama BUMN Perbankan Kamis (25/03).

Dalam sambutannya Bupati Kendal Dico Ganinduto menyampaikan selamat datang kepada Ketua Komisi XI DPR RI dan Menteri Keuangan Republik Indonesia. “Saya ucapkankan selamat datang di Kabupaten Kendal kepada lbu Sri Mulyani, Bapak Dito Ganinduto, dan Bapak Ganjar Pranowo beserta jajarannya yang sudah datang jauh-jauh dari Jakarta dan Semarang,” ujarnya.

“Sungguh sebuah kebanggaan bagi saya pribadi dan bagi seluruh perangkat daerah Kabupaten Kendal, dapat memiliki kesempatan disinggahi oleh bapak dan ibu sekalian dalam acara Kunjungan Spesifik Kementerian Keuangan dan Komisi XI DPR RI Ke Kabupaten Kendal,” lanjut Bupati Kendal.

Dalam kesempatan itu, Bupati Dico juga menyampaikan paparan terkait dengan gambaran strategis dan program-program yang akan di lakukan Pemerintah Kabupaten Kendal ke depan, yang memiliki visi Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan. “Kami bermimpi menjadikan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata yang didukung sumber daya manusia yang berkualitas demi mendorong pertumbuhan ekonomi dan  pemerataan pembangunan, yang ditopang dengan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, melayani dan partisipasi,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya kunjungan ini Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diharapkan dapat memberikan support untuk menunjang pembangunan yang ada di Kabupaten Kendal, baik untuk infrastruktur maupun UMKM di Kabupaten Kendal.

Bupati Dico juga mengatakan, bahwa kedepan Kabupaten Kendal dapat membantu perekonomian Jawa Tengah, karena memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan kebutuhan.

Ketua Komisi XI DPR RI, Dito Ganinduto dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah pusat memberikan perhatian yang sangat serius untuk pembangunan di daerah, khususnya saat ini di Kabupaten Kendal. Diharapkan pandemi covid bisa segera berakhir dan bisa segera bangkit untuk melakukan pemulihan Ekonomi Nasional.

“Pada hari ini kami mengadakan kunjungan spesifik di Kabupaten Kendal, sebelumnya kita sudah melaksanakan pembahasan tentang pemulihan Ekonomi Nasional dan ciptaker bersama Menteri Keuangan, Ketua OJK, dan Gubernur Bank Indonesia,” jelas Dito Ganinduto,” tutur Dito.

Semenatara itu, dalam sambutannya Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani mengatakan, akan mendorong percepatan pembangunan KIK Kendal, dan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah terus mendukung UMKM, dan dengan dibukanya KIK juga harus  menyiapkan SDM yang unggul dan sesuai kebutuhan, agar nantinya tidak menimbulkan dinamika sosial, sehingga apa yang ingin dicapai, yaitu Kendal menjadi kota industri dan pariwisata dapatterlaksana,” ujar Menkeu Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga berharap kepada Bupati Dico sebagai generasi muda bisa memimpin masyarakat Kendal, agar dapat mengkombinasikan strategi-strategi yang baik, menjadikan Kabupaten Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)-Indonesia dengan Pemkab Kendal serta penyerahan kajian potensi ekonomi Kabupaten Kendal, penyerahan pembiayaan UMI, penyerahan pembiayaan KUR, pertukaran cindera mata, dan peninjauan ke tenda bazhar UMKM.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here