Beranda Headline Lulus Rehabilitasi, Pecandu Narkoba tetap Dipantau BNN

Lulus Rehabilitasi, Pecandu Narkoba tetap Dipantau BNN

49
0
KEBERHASILAN BNN - Kepala BNN Kendal Sharlin Tjahaja Frimer Arie (tengah) saat jumpa pers akhir tahun di kantor BNN tadi pagi (30/12).

KENDAL, seputarkendal.com – Sebanyak 29 pecandu narkoba dinyatakan lulus rehabilitasi oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendal. Meski sudah lulus rehabilitasi, para pecandu tetap dipantau BNN. Sebab tak tertutup kemungkinan mereka akan kembali menjadi pecandu narkoba.

“Pecandu narkoba kan nggak bisa sembuh 100 persen mereka bisa kembali lagi mengonsumsi narkoba,” ujar Kepala BNN Kendal Sharlin Tjahaja Frimer Arie dalam jumpa pers akhir tahun dengan para wartawan di kantor BNN tadi pagi (30/12).

Sharlin mengaku selama satu tahun pihaknya telah merehabilitasi 29 pecandu narkoba. Dia bersyukur sebanyak 29 pecandu narkoba berhasil menjalani proses rehabilitasi yang digelar. Artinya mereka punya komitmen untuk menjauhi narkoba.

Diakui meski sudah selesai menjalani rehabilitasi kemungkinan sembuh 100 persen sangat sulit. Biasanya mereka akan kembali mengonsumsi narkoba setelah masuk ke komunitasnya semula. Sebagian besar pecandu narkoba yang menjalani rehabilitasi berasal dari kalangan pelajar.

“Sebagian besar dari pelajar SMA yang awalnya coba-coba narkoba jenis murahan,” ujar Sharlin.

Menurut Sharlin pihaknya telah bekerjasama dengan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah yakni Puskesmas I Sukorejo untuk merehab pecandu narkoba. Kemudian juga dengan lembaga instansi penerima wajib lapor RSUD Dr H Soewondo serta klinik pratama Bina Waras BNN.

Bahkan pihaknya juga menjalin kerja sama dengan RSI Weleri dan RS Darul Istiqomah sebagai lembaga rehabilitasi komponen masyarakat. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here