Beranda Headline Larangan Mudik Akibatkan Pos Jaga Lalin Pantura Alas Roban Terbengkalai

Larangan Mudik Akibatkan Pos Jaga Lalin Pantura Alas Roban Terbengkalai

291
0

BATANG, seputarkendal.com – Adanya larangan mudik lantaran masih mewabahnya pandemi Covid-19 oleh pemerintah pusat ternyata tidak hanya merugikan banyak pihak khususnya di sektor perekomian. Hal tersebut juga membuat pos-pos lalu lintas milik Satlantas Polres Batang, Jawa Tengah, yang biasanya digunakan untuk pengamanan saat mudik lebaran kini kondisi bangunannya terbengkalai, Senin (26/04).

Seperti inilah suasana di jalan Pantura Alas Roban yang ramai akan kendaraan yang melintas dari berbagai daerah di Tanah Air, mengingat jalur tersebut merupakan jalan nasional Trans Jawa. Sejumlah pos jaga yang biasa digunakan oleh petugas keamanan khususnya satuan polisi lalu lintas Polres Batang, kini tak terawat dan terbengkalai, bahkan bagian atap sudah roboh dan berubah fungsi.

Pos polisi yang biasa difungsikan untuk pengamanan mudik seperti di pertigaan terminal Banyuputih tersebut kini seperti rumah tua yang nyaris ambruk dan rusak, lantaran sudah 2 kali mudik lebaran ini tidak lagi digunakan. Terdapat 3 pos jaga satuan zebra yang berada di pertigaan Kutosari Kecamaan Gringsing, Pertigaan Banyuputih dan pos tanjakan Pucungkerep, Kecamatan Subah, saat ini tidak di fungsikan lagi sebagai mana peruntukan khususnya mendekati lebaran untuk pengamanan arus mudik.

Seperti yang diungkapkan salah seorang warga, Wanti yang tengah berada di sekitar pos polisi pertigaan Banyuputih, pos polisi yang biasa digunakan untuk pengamanan arus mudik tersebut kini tidak lagi digunakan, sehingga kondisinya rusak tak terawat dan terbengkalai.

“Dulu memang digunakan untuk pos pam jaga pemantauan arus mudik, namun saat ini sudah tidak digunakan dan mulai rusak bangunannya, kita sendiri tidak tahu kok sekarang jadi begini,” katanya.

Sementara itu Kapolres Batang, AKBP Edwin Lois Sengka, mengatakan terkait pengamanan mudik mengingat adanya larangan mudik dari Pemerintah Pusat, lebaran tahun ini difokuskan pengamanan di rest area yang ada. Meski demikian khususnya pengamanan di jalur Pantura Alas Roban masih ada pengamanan, hanya saja tidak banyak terdapat dua titik saja.

“Dalam pengamanan arus mudik saat ini fokus di rest area 379 A Gringsing dan Kalibeluk Warungasem jalan tol ruas Batang-Semarang, untuk jalur pantura hanya ada 2 pos pengamanan yakni di pos Luwes Surodadi Gringsing dan Alun-alun Kota Kabupaten saja,” jelasnya.

Adanya 3 bangunan pos pengamanan di jalur pantura Alas Roban yang rusak tak terawat karena saat ini tidak digunakan dan minim anggaran untuk perawatan.

Dalam pengamanan arus mudik, petugas di rest area yang berjaga mulai dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, dan tenaga kesehatan.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here