Beranda Headline Kekeringan, Petani Sendangdawung Tak Bisa Tanam Padi

Kekeringan, Petani Sendangdawung Tak Bisa Tanam Padi

182
0
SIRAM - Salah seorang petani Desa Sendangdawung, Kecamatan Kangkung terpaksa menyiram lahan untuk persemaian bibit.

 

KENDAL, seputarkendal.com – Para petani di Desa Sendangdawung, Kecamatan Kangkung saat ini tidak bisa menanam padi. Pasalnya hingga kini air dari saluran irigasi belum sampai ke lahan sawah milik petani. Padahal sebelumnya para petani sudah selesai menanam padi pada akhir Desember.

Sebagian petani terpaksa menyiram lahan untuk persemaian bibit. Selama ini pasokan air berasal dari Bendung Timbang atau Kali Damar.

Salah satu petani Yono,55, mengaku terpaksa menyiram lahan untuk persemaian bibit padi. Dia sudah dua kali menyiram lahan untuk persemaian bibit. Meski sudah tiga kali hujan, lahan sawah masih kering. Dia akan terus menyiram lahan persemaian hingga hujan turun.

“Jika hujan turun atau air sudah sampai sawah tentu saya akan berhenti menyiram lahan persemaian,” ujar Yono.

Sementara itu Sekdes Sendangdawung Budi Ristanto mengatakan sawah milik petani yang belum bisa ditanami sekitar 70-80 hektare. Selama ini pasokan air berasal dari Bendungan Timbang. Pihaknya sudah konfirmasi ke pengelola bendungan bahwa pasokan air sebenarnya cukup.

“Tapi yang terjadi di lapangan banyak saluran irigasi yang bocor sehingga tidak sampai ke utara,” ujarnya.

Diakui sebenarnya droping air dari atas bisa dimaksimalkan namun jika itu dilakukan maka banyak perkampungan penduduk terendam air. Karena itu pihaknya berharap instansi terkait segera mencari solusi agar petani bisa segera menanam padi. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here