Beranda Headline Kalah Pilkades, Sambangi Pemenang

Kalah Pilkades, Sambangi Pemenang

447
0
ISLAH - Dua kubu dalam pilkades Laban, Kangkung islah saling mendukung.

 

KENDAL, seputarkendal.com – Pilkades serentak se Kendal sukses dilaksanakan pada 18 Maret lalu. Namun ada cerita unik yang terjadi di Desa Laban, Kecamatan Kangkung. Calon Kepala Desa yang kalah justru mendatangi rivalnya yang terpilih mendapatkan suara terbanyak untuk mengucapkan selamat dan sekaligus memberikan dukungan.

“Saya mengajak keluarga dan pendukung bersilaturahmi untuk memberikan dukungan kepada Kades terpilih,” ujar mantan calon kades Ahmad Arif Khakim Kamis ( 19/3).

Kedatangan Arif bersama keluarga disambut hangat oleh Adibul Farah, rivalnya dalam Pilkades, di rumah keluarganya di Dukuh Laban Swaru. Awalnya pihak Adib tampak terkejut karena tanpa persiapan menyambut kedatangan rivalnya itu. Keduanya kemudian berjabat tangan, berangkulan, diikuti oleh keluarga dan beberapa pendukungnya yang datang menyusul.

Muhammad Ulil Amri, kakak kandung Arif yang juga mantan Kades Laban, mengatakan kunjungan adiknya bersama keluarga itu berlangsung spontan.Terkait kekalahan adik kandungnya, Gus Ulil yang saat ini sedang mengikuti penjaringan bakal calon Bupati Kendal melalui PDI Perjuangan mengatakan kedua calon adalah putra terbaik desa Laban. Namun dalam perhelatan Pilkades, imbuhnya, masyarakat lebih menghendaki Adibul Farah untuk memimpin desa Laban.

“Kalah dan menang adalah hal biasa dalam sistem demokrasi. Warga Laban yang kental dengan tradisi santri tetap mengedepankan kemaslahatan masyarakat, dan alhamdulilah masih kita jaga tradisi dari leluhur kami ini,” terang Ulil.

Pertemuan antara calon Kades Laban yang kalah dan Kades terpilih tersebut segera tersiar di masyarakat dan mendapat tanggapan positif.

H Junaidi, tokoh desa setempat, menyebut pertemuan calon yang kalah dan pemenang sebagai kejadian yang langka. Menurutnya peristiwa itu sebagai sejarah baru bagi masyarakat khususnya warga Laban.

“Saya sendiri kaget Mas Arif yang kalah malah silaturahmi Mas Adib yang menang. Habis calonan biasanya umbrus, suasana panas, yang kalah belum bisa terima, atau malah dendam. Ini sejarah baru bagi kami. Semoga jadi awal yang baik untuk desa kami dan generasi yang akan datang,” ungkapnya.

Senada, Sareh, salah satu sesepuh desa yang dalam Pilkades mendukung Adib, mengaku angkat jempol kepada Arif dan keluarga yang mengawali silaturahmi.

Lebih lanjut, Junaidi dan Sareh berharap dari pertemuan para calon yang sebelumnya berkontestasi tersebut dapat kembali menyatukan semangat masyarakat untuk bergotong royong membangun desa.

Sebanyak dua calon mengikuti Pilkades di Desa Laban. Dari perhitungan suara di 3 TPS, Adibul Farah mendapatkan 574 suara mengungguli Ahmad Arif Khakim yang memperoleh 390 suara.

Kemenangan Adib diperoleh dari TPS 2 dan 3. Di dua TPS itu pihaknya mendapatkan suara mayoritas. Dari penelusuran informasi, berkembang isu desa Laban yang terbagi dalam dua wilayah timur dan barat, warga di bagian barat menginginkan kades dari wilayahnya. Gayung bersambut, Adib yang berdomisili di Laban Kulon mendapatkan dukungan mayoritas warga setempat yang secara populasi pemilih lebih banyak. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here