Beranda Ekonomi Indeks Kerawanan Pilkada Rendah-Sedang

Indeks Kerawanan Pilkada Rendah-Sedang

21
0
RENDAH - Ketua Bawaslu Jateng Fajar Saka ( nomor dua dari kiri saat sidak di KPU Kendal tadi siang.

KENDAL, seputarkendal.com – Bawaslu Provinsi Jateng menilai indeks kerawanan pilkada 2020 masuk kategori rendah dan sedang. Belum ada daerah dengan indeks kerawanan tinggi.

“Indeks itu kita lansir berdasarkan pengalaman di pileg 2019 lalu,” ujar Ketua Bawaslu Jateng Fajar Saka saat meninjau seleksi PPK di kantor KPU Kendal tadi siang. Fajar didampingi Komisioner Bawaslu Kendal Ahmad Ghozali saat mengecek seleksi calon anggota PPK.

Menurut Fajar pada 2020 ini ada 21 kabupaten dan kota yang akan menggelar pilkada. Bawaslu melakukan pemetaan indeks kerawanan berdasarkan pengalaman di pileg 2019 dan pilkada 2018. Semua kabupaten dan kota yang menggelar pilkada diperlakukan sama indeks kerawanannya termasuk Solo yang disebut-sebut masuk kategori rawan.

Saat mengecek seleksi PPK, Fajar minta KPU serius melakukan rekrutmen. Proses rekrutmen sangat penting karena akan menentukan kualitas pilkada. Jika umnrekrutmen dilakukan secara profesional maka hasilnya akan berimbas pada kualitas pilkada.

“Kita ingin kualitas pilkada tahun ini meningkat dibandingkan sebelumnya,” ujar Fajar.

Sementara itu Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktoria mengatakan dari 10 peserta yang diduga terindikasi anggota parpol, hanya satu yang terbukti. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here