Beranda Headline Dihantam Gelombang Tinggi KM Saridin Asal Weleri Terbalik

Dihantam Gelombang Tinggi KM Saridin Asal Weleri Terbalik

10
0

KOTA PEKALONGAN, seputarkendal.com – Empat belas anak buah kapal (ABK) KM Saridin selamat dari kecelakaan laut di perairan Kota Pekalongan. Regu penyelamat berhasil melakukan evakuasi setelah mendapatkan laporan dari nahkoda kapal yang berhasil mencapai daratan setelah sebelumnya berenang untuk meminta pertolongan ke warga Jumat (15/05).

KM Saridin asal Weleri, Kabupaten Kendal, yang tengah perjalanan menuju Pelabuhan Batang Kamis malam (14/05) terbalik setelah dihantam ombak. Kapal berukuran 9 gross ton tersebut memuat 14 orang nelayan berada pada posisi 4 mil laut dari oesisir Pantai Slamaran, Kecamatan Pekalongan Utara. Tim gabungan yang terdiri dari Pol Airud, PMI, dan BPBD Kota Pekalongan, berhasil menyelamatkan 11 nelayan yang bertahan di atas kapal yang terbalik.

Sementara itu salah satu ABK KM Saridin Karnoto menuturkan, kapten kapal yang juga nahkoda berinisiatif berenang bersama dua orang rekannya selama dua jam mencapai daratan untuk meminta pertolongan.

“Saat melakukan perjalanan menuju ke Pelabuhan Batang, tiba-tiba gelombang tinggi langsung menghantam hingga menyebabkan kapal ikan yang saya tumpangi bersama ABK lainnya terbalik,” ungkap Karnoto.

Menurut Komandan Pol Airud Polda Jateng, Bripka Wahyu Tri, cepatnya laporan yang masuk menjadi salah satu suksesnya operasi penyelamatan. Meski dalam keadaan gelap gulita dan cuaca buruk karena ombak setinggi 1,5 sampai 2 meter di sekitar lokasi kejadian, regu penyelamat berhasil mencapai posisi kapal dan langsung nelakukan proses evakuasi,” jelasnya.

Sebelumnya KM Saridin bertolak dari Dermaga Pelabuhan Rowosari pada Kamis pagi menuju area tangkap 10 mil laut tepatnya di perairan Wonokerto, Kota Pekalongan. Setelah seharian penuh mencari ikan pada malam harinya kapal bermaksud pulang ke Pelabuhan Batang, namun nahas kapal dihantam ombak dan akhirnya terbalik.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here