Beranda Headline Diguyur Hujan, Lahan Pertanian Masih Kering

Diguyur Hujan, Lahan Pertanian Masih Kering

358
0
SIRAM - Salah seorang petani Desa Sendangdawung, Kecamatan Kangkung terpaksa menyiram lahan untuk persemaian bibit.

KENDAL, seputarkendal.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kendal akhir-akhir ini menyebabkan puluhan hektare sawah terendam air. Namun kondisi sawah pertanian di Desa Sendangdawung, Kecamatan Kangkung masih kekeringan. Hujan deras yang mengguyur beberapa hari ini belum mampu mengisi saluran irigasi sampai ke lahan sawah milik petani. Para petani terpaksa menyiram persemaian bibit padi lewat sumur-sumur yang ada di sekitar sawah.

Salah satu petani Yono, 54, mengaku sudah sekitar satu minggu lebih menyebar bibit padi untuk ditanam. Umur bibit yang dia semai sudah berumur sekitar satu minggu lebih. Dia terpaksa menyiram persemaian itu karena air dari saluran irigasi belum sampai ke areal persawahan.

“Areal sawah yang akan ditanami padi belum bisa dibajak karena belum ada air,” ujar Yono.

Dia memperkirakan musim tanam padi pada musim hujan ini mengalami keterlambatan. Biasanya dia sudah bisa menanam padi pada pertengahan Desember atau paling lambat akhir Desember. Kemungkinan dia baru bisa menanam padi pada pertengahan Januari. Dia mengungkapkan lahan sawah yang sudah ditanami baru sekitar 20 persen.

Sekdes Sendangdawung Budi Ristanto mengaku baru sebagian kecil petani di wilayahnya yang sudah bisa menanam padi. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan instansi terkait agar saluran irigasi bisa lancar. (nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here