Beranda Headline Bentuk Syukur, Gelar Festival Sewu Tumpeng

Bentuk Syukur, Gelar Festival Sewu Tumpeng

200
0
SEWU TUMPENG - Bupati Mirna Annisa hadir dalam acara festival sewu tumpeng di Desa Tambahrejo, Kecamatan Pageruyung tadi pagi.

KENDAL, seputarkendal.com – Warga Desa Tambahrejo, Kecamatan Pageruyung menggelar Festival Sewu Tumpeng tadi pagi. Festival digelar sebagai bentuk rasa syukur dan melestarikan tradisi budaya desa.

Acara Festival yang dipelopori oleh pemuda Desa Tambahrejo tersebut sengaja memilih tumpeng karena  memiliki makna kesungguhan. Tumpeng sendiri merupakan singkatan dari “Yen Metu Kudu Mempeng” dengan artian ketika keluar harus sungguh-sungguh.

Ketua Panitia Cipto Wibowo menjelaskan, festival sewu tumpeng yang dilakukan memang baru kali pertama dan festival tersebut nantinya akan menjadi awal dari para pemuda desa untuk mengembangkan festival sewu tumpeng yang akan diselenggarakan setiap tahun.

“Ini memang baru pertama kali kita lakukan untuk festival sewu tumpeng, sebelumnya hanya acara syukuran biasa,” ujar Cipto.

Menurut Cipto kaum pemuda mulai kembali menghidupkan dengan membuat tumpeng, karena selain tumpeng sebagai perwujudan doa juga merupakan makanan tradisional yang khas daerah kita.

Sementara itu Bupati Kendal Mirna Annisa memberi apresiasi kepada pemuda Desa Tambahrejo yang memiliki kepedulian kepada desanya dengan berhasil menggerakkan masyarakat untuk menggelar acara festival tumpeng.

“Luar biasa apa yang dilakukan oleh pemuda desa ini, karena kepedulian mereka kepada pelestarian budaya tentunya berhasil mengadakan Festival Sewu Tumpeng,” ujar bupati.

Agenda festival sebelum memasuki inti acara yaitu dengan memakan nasi tumpeng bersama, terdapat beberapa tumpeng yang diperlombakan dengan 3 kriteria penilaian yaitu tampilan, rasa dan kreativitas.  Acara tersebut diikuti oleh 5 dusun.

Camat Pageruyung Dwi Cahyono Suryo mengatakan, acara festifal sewu tumpeng ini direncanakan akan digelar di setiap desa. Acara yang dibuat oleh pemuda desa ini, nantinya akan kita terapkan di beberapa desa. (nal)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here