Beranda Headline Begini Cara Mengolah Ikan Tongkol Supaya Aman Dimakan

Begini Cara Mengolah Ikan Tongkol Supaya Aman Dimakan

387
0

BATANG, seputarkendal.com – Tidak semua masyarakat tahu bagaimana cara mengolah ikan tongkol dengan baik, terlebih jika ikan tersebut baru dikeluarkan dari freezer dengan kondisi beku atau basah. Koordinator BPNT dan PKH Dinsos Kabupaten Batang kembali berbagi ilmu mengolah ikan tersebut Senin (22/06).

Pengolahan jenis ikan Tongkol memang berbeda dengan ikan pada umumnya yang bisa dengan mudah langsung digoreng lalu dinikmati.
“Khusus ikan tongkol yang baru diterima dengan kondisi beku alangkah baiknya segera dilakukan langkah-langkah tertentu,” kata Korda BPNT dan PKH Agus Makmun.

Agus mengaku mengolah ikan tongkol perlakuan khusus yakni ikan tongkol jangan langsung digoreng bila kondisinya masih beku, dikarenakan bisa mengeluarkan toksin (zat beracun) karena hanya matang diluarnya saja dan bagian dalam belum matang sehingga bisa menyebabakan mual dan seperti orang keracunan.

Langkah pertama bila kondisi ikan tongkol beku bisa direndam dulu minimal 5 menit, kemudian dipotong-potong terlebih dahulu supaya darahnya bisa keluar dan selanjutnya bisa direbus atau dipanggang terlebih dahulu. “Setelah langkah-langkah tersebut sudah dilakukan kemudian baru bisa menentukan mau diolah seperti apa sesuai selera kita masing-masing,” tuturnya.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here