Beranda Headline Banjir Lumpur Proyek KITB Rendam – Jebolkan Rumah Warga Celong

Banjir Lumpur Proyek KITB Rendam – Jebolkan Rumah Warga Celong

810
0

BATANG, seputarkendal.com – Diguyur hujan sekitar 30 menit, belasan rumah warga di pesisir Pantai Celong Desa Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Jawa Tengah, terendam banjir lumpur setinggi 50 centi meter. Banjir yang membawa material tanah bercampur air dari Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut tidak hanya menggenangi kompleks pemukiman, juga menjebol rumah warga Rabu (12/05).

Seperti inilah suasana di lokasi kejadian banjir bandang yang membawa material air dan lumpur yang terbawa air hujan dari perbukitan sisi selatan yang saat ini tengah dialihfungsikan dari lahan perkebunan karet diratakan menjadi Kawasan Industri Terpadu Batang(KITB). Pagar rumah warga yang terbuat dari semen jebol lantaran tak kuat menahan beban derasnya banjir yang disertai lumpur tersebut.

Sebagaimana dikatakan oleh Wahidi salah seorang warga yang menjadi korban banjir dan rumahnya jebol. Banjir juga sampai masuk kerumah warga dengan ketinggian sepinggang orang dewasa tersebut menyisakan tanah lumpur yang cukup tebal, yang mengakibatkan warga harus bekerja ekstra keras untuk membersihkan rumahnya yang menjadi korban bencana kebanjiran dampak proyek yang tengah berlangsung tersebut.

“Kawasan pantai Celong yang masuk Dukuh Mangunsari, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih tersebut kerap menjadi korban banjir, setidaknya ada 17 rumah selalu menjadi korban banjir lumpur, belum lagi yang fasilitas umum lainnya juga tak luput dari terjangan bencana tersebut,” jelasnya.

Selama ini warga hanya membersihkan sendiri lumpur sisa banjir yang berada di dalam rumah setidaknya 15 kali, pihak yang bertanggung jawab dalam hal ini KITB hanya membersihkan jalan umum sebatas buat laporan ke atasan saja, selanjutnya warga menanggung risikonya sendiri.

Hingga kini pihak manajemen Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau yang sekarang dikenal dengan Grand Batang City belum bisa dikonfirmasi terkait hal tersebut.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here