Beranda Headline Anak-anak pun Turun Tangan Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

Anak-anak pun Turun Tangan Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

445
0

BATANG, seputarkendal.com – Hujan turun, warga di kawasan pemukiman pesisir Pantai Celong bersiap-siap menerima limpahan banjir bandang dari Proyek Strategis Nasional KITB Rabu (12/05). Meski berstatus PSN, namun dalam menangani banjir tidak maksimal, dan warga menjadi korban hingga anak-anak terpaksa turun tangan terlibat dalam membersihkan material sisa banjir.

Banjir kini terus menghantui warga yang bertempat tinggal di pesisir pantai Celong dukuh Mangunsari Desa Kedawung Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah manakala turun hujan. Pasalnya, sejak berlangsung cut and fill hingga saat ini masih berlangsung mempersiapkan lahan Kawasan Industri Terpadu Batang tersebut kerap terjadi musibah bencana banjir air yang disertai material tanah menggenangi komplek pemukiman warga nelayan tersebut.

Salah seorang warga Mangunsari pantai Celong Desa Kedawung, Wahidi mengungkapkan, manakala turun hujan, tempat kita tinggal tidak lama kemudian akan mendapat kiriman banjir lumpur hingga masuki rumah dengan ketinggian sepinggang orang dewasa. Anehnya petugas yang dikirim dari pihak KITB hanya membersihkan jalan saja, dan tidak bersedia ketika diminta membersihkan lumpur secara keseluruhan.

“Petugas dari pihak KITB sendiri dalam membersihkan hanya sebatas lumpur yang menggenangi jalan yang diduga hanya untuk bahan laporan ke atasan saja, namun giliran dimintai membersihkan bagian dalam rumah warga tidak dihiraukan,”ujarnya.

Tidak cukup sampai disitu, kurang maksimalnya petugas yang dikerahkan pihak pengembang KITB, dalam membersihkan sisa banjir lumpur kiriman dari Proyek Strategis Nasional tersebut mengundang keprihatinan anak-anak di perkampungan nelayan tersebut.

“Kita bersama rekan-rekan prihatin dan terpaksa harus membantu membersihkan lumpur yang masih menggenangi rumah dan tempat belajar serta jalan desa,”ujar Faisal.
Keseriusan dalam mengantisipasi bencana banjir bercampur tanah dari perbukitan yang sudah diratakan untuk kawasan industry tersebut sangat diperlukan dan mendesak, sebelum menelan korban jiwa.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here